Beberapa cara untuk mengoprek windows

Mengubah Nama Default Shortcut Penting Di Desktop

Di desktop ada beberapa shortcut penting yang (umumnya) tidak bisa kita hapus atau me-rename namanya. Beberapa shortcut yang penting di dekstop itu antara lain Recycle Bin, My Computer, IE, My Documents, dll. And if I ask you, “Could you rename Recycle Bin to Tempat sampah?”, What is your answer?? I will help you..^^. Open your regedit, find the following key:

HKEY_CURRENT_USER/Software/Microsoft/Windows/CurrentVersion/Explorer/CLSID

Klik ganda pada default value pada masing-masing subkey dibawah ini:

My Network Places:

{208D2C60-3AEA-1069-A2D7-08002B30309D}

My Computer:

{20D04FE0-3AEA-1069-A2D8-08002B30309D}

My Documents:

{450D8FBA-AD25-11D0-98A8-0800361B1103}

Recycle Bin:

{645FF040-5081-101B-9F08-00AA002F954E}

Default IE Icon:

{871C5380-42A0-1069-A2EA-08002B30309D}

Masukkan saja nama-nama unik yang diinginkan untuk mengganti nama-nama defaultnya.

Menghilangkan Info Tip pada Folder

Ketika kita mengarahkan mouse pada folder, maka nantinya akan ada sebuah infotip kotak yang akan menjelaskan informasi tentang folder tersebut. If you want to disable this feature, kamu cuma perlu melakukuan sedikit utak atik registry.  Open the regedit, then find the following key:

HKEY_CURRENT_USER/Software/Microsoft/Windows/CurrentVersion/Explorer/Advanced

Klik ganda pada FolderContentsInfoTip dengan angka 0.

To take the effect faster, you should have to logout or reboot your PC…^^

Mengosongkan Recycle dari menu konteks

Anda pasti telah mengetahui fungsi pokok Recycle Bin!!!Yup, fungsi utama Recycle Bin adalah tempat penampungan file-file yang telah kita hapus. Biasanya untuk mengosongkan tempat tersebut, Anda dapat melakukannya melalui klik kanan pada shortcut Recycle Bin yang berada di desktop, dengan memilih “Empty Recycle Bin”. Padahal, dengan sedikit mengubah susunan registry, Anda tidak perlu lagi bergantung kepada shortcut Recycle Bin. Anda dapat melakukannya dari file dan folder apa saja dan dari mana saja.

Anda tidak harus membuka Registry Editor. Cukup dengan Notepad Anda sudah dapat melakukannya, salin list registry seperti di bawah ini:

Windows Registry Editor Version 5.00

[HKEY_CLASSES_ROOT\*\shellex\ContextMenuHandlers\{645FF040-5081-101B-9F08-00AA002F954E}]

@=”Empty Recycle Bin”

[HKEY_CLASSES_ROOT\*\shellex\ContextMenuHandlers\Empty Recycle Bin]

@=”{645FF040-5081-101B-9F08-00AA002F954E}”

[HKEY_CLASSES_ROOT\Directory\Background\shellex\ContextMenuHandlers\Empty Recycle Bin]

@=”{645FF040-5081-101B-9F08-00AA002F954E}”

[HKEY_CLASSES_ROOT\Directory\shellex\ContextMenuHandlers\Empty Recycle Bin]

@=”{645FF040-5081-101B-9F08-00AA002F954E}”

[HKEY_CLASSES_ROOT\Folder\shellex\ContextMenuHandlers\Empty Recycle Bin]

@=”{645FF040-5081-101B-9F08-00AA002F954E}”

Apabila sudah, simpan dengan nama “Empty.Reg”. kini klik ganda file tersebut dan jawab semua pertanyaan yang muncul dengan mengklik “Yes”. Terakhir restart PC untuk melihat hasilnya.

Menata Aksi untuk Registry

Bila Anda sering mengutak-atik registry, pasti sering pula mem-backup registrty. Frekuensi penggunaan backup registry yang tinggi, barangkali membuat kita merasa tidak nyaman karena harus berulangkali mengklik tombol [Yes] untuk mengkonfirmasi permintan.

Jendela konfirmasi tersebut ternyata bisa kita hilangkan, caranya masuk ke Run lalu ketik regedit. Cari key di bawah ini:

HKEY_CLASSES_ROOT\regfile\shell\open\command.

klik ganda pada Default value, dan rubah Value data-nya menjadi regedit.exe /s “%1″.

Membuat Shortcut dengan CLSID (4)

Lanjutan dari seri sebelumnya, saya tambahkan 6 buah lagi shortcut dengan menggunakan CLSID:

“.{D4480A50-BA28-11d1-8E75-00C04FA31A86}” – Add Network Places

Memberikan shortcut ke system (Add Network Places), untuk membuat FTP Folder, Shared Folder dan Web Share. Contoh: FTP, ftp://adiristandi.byethost13.com; Website Share, http://adiristandi.byethost13.com/share; Shared Folder, //rahmawan.byethost13.com/share.

“.{D3E34B21-9D75-101A-8C3D-00AA001A1652}” – New Bitmap Files

“.{f39a0dc0-9cc8-11d0-a599-00c04fd64433}” – Channel Files

Di WinME ke atas shortcut ini jarang dijumpai di Startmenu. Ini untuk membuat channel2, fungsinya hampir seperti Favorites.

“.{8369AB20-56C9-11D0-94E8-00AA0059CE02}” – Cleaner for Downloaded Prog. Files.

“.{00020811-0000-0000-C000-000000000046}” – Excel Chart

“.{00020810-0000-0000-C000-000000000046}” – Excel Worksheet

Menormalkan Kembali Folder Proteksi/Shortcut CLSID

Telah saya post sebelumnya tentang penambahan code CLSID di bagian belakang nama folder, akan membuatnya berubah. Namun permasalahannya adalah, code CLSID tersebut menghilang raib entah ke mana. Ini tentunya akan membuat kita sangat bingung bagaimana cara mengembalikan folder seperti semula, apalagi ketika kita memproteksi folder dengan CLSID, bagaimana pula cara membukanya?

Saya berhasil menormalkan kembali folder tersebut dengan menggunakan WinRAR! (Loh?)

Ya! Dengan WinRAR (kemungkinan software kompresi lainnya juga bisa), cukup browse atau navigasikan ke arah folder yang mengandung CLSID, maka WinRAR bisa membacanya! Setelah itu rename-lah folder tersebut dengan menggunakan WinRAR, enter, kemudian selesai dan folder kembali lagi seperti sedia kala.

Proteksi Folder Menggunakan CLSID

Masih inget dengan postingan saya sebelumnya tentang pembuatan shortcut sistem dengan CLSID? Nah, sekarang saya akan memproteksi folder pribadi dengan menggunakan CLSID.

Code : .{2559a1f2-21d7-11d4-bdaf-00c04f60b9f0}

Rename folder pribadi kamu, kemudian tambahkan di belakangnya kode CLSID di atas. Misalkan kamu punya folder bernama foto, maka rename menjadi foto.{2559a1f2-21d7-11d4-bdaf-00c04f60b9f0} lalu tekan enter. Kalau berhasil foldernya akan berubah menjadi gembok, dan tidak akan bisa diakses.

Cheat Game Pinball

Di Windows, kita rata-rata tau bahwa ada sebuah game pinball untuk XP. Nah, ternyata game ini ada cheatnya loh.. Coba deh, ini cheatnya. Total ada 6 cheat, buat kamu yang punya cheat lagi, sharing yah..

Secret – Extra Balls

Instructions – Type lmax at the start of a new ball to get extra balls.

Secret – Gravity Well

Instructions – Type gmax at the start of a new game to activate Gravity Well.

Secret – Instant Promotion

Instructions – Type rmax at the start of a new game to go up in ranks.

Secret – Skill Shot

Instruction – Launch the ball partially up the chute past the third yellow light bar so it falls back down to get 75.000 points. There are six yellow light bars that are worth a varying amount of points :

First: 15.000

Second: 30.000

Third: 75.000

Fourth: 30.000

Fifth: 15.000

Sixth: 7.500

Secret – Test Mode

Instructions – Type hidden test at the start of a new ball to activate Test Mode. No notification will be given that this is activated but you can now left-click the mouse button an drag the ball around.

Secret – Unlimited Balls

Instructions – Type bmax at the start of a new ball. No notificatin will be given that this is activated but when a ball is lost a new ball will appear from the yellow wormhole indefinitely. Once this is activated you will be unable to activate other secrets without restarting the game.

Mengubah Warna File Terenkripsi

Ketika kita melakukan enkripsi di File System NTFS, secara otomatis warna text dari file yang kita enkripsi tersebut berubah. Ada sebuah cara untuk mengubah warnanya. Buka regedit, cari key:

HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Explorer

Buat sebuah Binary Value baru dan beri nama AltEncryptionColor. Klik ganda AltEncryptionColor dan masukkan input warna RGB yang diinginkan.

Hints: RR GG BB 00 (Default 00 80 40 00)

Enkripsi Melalui Context Menu

Agar kita dapat melakukan enkripsi dengan mudah pada folder atau file tertentu kitabisa menambahkan pilihan Enkripsi pada konteks menu, fungsi dari enkripsi itu sendiriadalah metode pengacakan isi file agar terjaga dari pengguna lain.

Caranya mudah aja kok…yang pasti kita membutuhkan bantuan registry editor. Masuk ke Runlalu ketik regedit. Cari key di bawah ini:

HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Explorer\Advanced

Kalo udah ketemu, klik kanan pada area kosong di panel kanan, dan buat sebuah DWORD Valuebaru dengan nama EncryptionContextMenu, lalu klik ganda value yang baru dibuat, isi dengannilai 1. Kalo udah logout dan restart PC, dan coba browse folder atau file, lalu klik kananpada folder atau file. Apakah pilihan Encrypt sudah terlihat dan siap pakai..

Shutdown Komputer dengan klik kanan

Sebelumnya saya mau ucapin terima kasih dulu nih buat mas Arry yang udah bolehin saya bergabung di oprekWindows.

Trik yang mau saya kasih pertama adalah bagaimana menambah menu shutdown dalam context menu. Tentunya Anda harus mengubah susunan registry-nya. Namun, Anda tidak perlu repot-repot merubah registry-nya satu persatu, karena Anda tinggal menyalin susunan registry seperti dibawah ini ke dalam notepad

Windows Registry Editor Version 5.00

[HKEY_CLASSES_ROOT\Directory\shell\mati]

@=”> Shutdown Windows!”

[HKEY_CLASSES_ROOT\Directory\shell\mati\command]

@=”shutdown.exe -s -t 0″

[HKEY_CLASSES_ROOT\Drive\shell\mati]

@=”> Shutdown Windows!”

[HKEY_CLASSES_ROOT\Drive\shell\mati\command]

@=”shutdown.exe -s -t 0

Jika sudah selesai menyalinnya, simpan dengan nama “shutdown.reg”. kini klik ganda file tersebut dan jawab semua pertanyaan yang muncul dengan mengklik “Yes”. Terakhir restart PCuntuk melihat hasilnya.

Mempercepat Performa Swap File

Ingin membuat swap file di komputer bekerja lebih optimal dari yang biasanya? Tweaking ini pada dasarnya PC kita mengunakan setiap byte dari memori fisik yg terpasang di komputer kita, sebelum mengunakan swap file. Jadi kita akan mengoptimalkan keduanya. Gimana caranya?

1. Start>Run

2. “msconfig.exe”>ok

3. Klik tab System.ini

4. Klik tanda plus pada tab 386enh

5. Klik kotak new kemudian ketik “ConservativeSwapfileUsage=1″

6. Klik OK

7. Restart

Membuat Tips Sendiri Saat Pertama Kali Masuk Windows

Untuk menambahkan tipsnya, cukup mengubah dan menambahkan beberapa string pada registry:

HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Explorer\Tips

Buat sebuah atau beberapa String Value berdasarkan kelanjutan dari tips-tips yang telah ada (misalnya 50 dan seterusnya) dan masukkan input tips berupa teks yang diinginkan.

Mempercepat Loading Program

Ada sebuah cara untuk membuat loading program berjalan lebih cepat. Tweaking ini bisa berjalan untuk sebagian besar program. Jika program tidak mau loading seperti yg diharapkan, silahkan aja dikembalikan ke setting semula.

1. Klik kanan pada icon/shortcut yg berkaitan dengan program.

2. properties

3. Pada kotak ‘target’, tambahkan ‘ /prefetch:1′ diakhir kalimat.

4. Klik “Ok”

gampang kan, Program akan loading lebih cepat.

Mempercepat akses Folder-Disable Last Access Update

Kalo kamu memiliki banyak folder dan subdirectories, maka akses ke Direktory2 Windows XP terasa sangat berat dan seringkali cuman membuang waktu. Dengan mengupdate time stamp di registry, yaitu last access update untuk semua sub directory. Proceed with caution: Langkah berikut bukan untuk N00bie

1. Start>Run>regedit

2. “HKEY_LOCAL_MACHINE\System\CurrentControlSet\Contr ol\FileSystem”

3. Klik kanan di bagian yg kan (cari area yg kosong), lalu pilih ‘DWORD Value’

4. Bikin DWORD Value dengan nama ‘NtfsDisableLastAccessUpdate’

5. Klik kanan pada value baru terus pilih ‘Modify’

6. Ubah data menjadi ’1′

7. Klik ‘OK’

8. Restart atau Logout untuk melihat hasilnya.

Daftar Command Run

Di sini saya mau sharing lagi mengenai daftar command yang bisa dimasukin di run. Seperti yang sudah kita tahu, sering banget kita memasukkan kata-kata seperti regedit, msconfig, dsb. Adakah command lain? Tentu saja ada, ini contohnya saya ambil di dari sebuah forum informatika. Buat yang mau nambahin, silahkan, kayaknya command ini belum lengkap, daftar perintah ini khusus untuk sistem, dan belum termasuk daftar command control panel:

Perintah dalam RUN:

compmgmt.msc – Computer management

devmgmt.msc – Device manager

diskmgmt.msc – Disk management

dfrg.msc – Disk defrag

dxdiag – DirectX Diagnostic tool

eventvwr.msc – Event viewer

fsmgmt.msc – Shared folders

gpedit.msc – Group policies

lusrmgr.msc – Local users and groups

perfmon.msc – Performance monitor

rsop.msc – Resultant set of policies

secpol.msc – Local security settings

services.msc – Various Services

msconfig – System Configuration Utility

regedit – Registry Editor

msinfo32 – System Information

sysedit – System Edit

win.ini – windows loading information(also system.ini)

winver – Menampilkan versi Windows

mailto: – Membuka email client default

command – Membuka DOS command prompt